Beranda > Practical Tips > Tips Menyelamatkan Asset Mobil dari Kebakaran

Tips Menyelamatkan Asset Mobil dari Kebakaran

img_4000.jpgBagaimana anda dapat menyelamatkan asset mobil pribadi dari amukan api, yang dipicu oleh kebakaran akibat kebocoran saluran bensin di mesin mobil?

TIPS1:Mungkin anda akan melakukan segala upaya untuk memadamkan api tersebut, antara lain dengan menggunakan alat pemadam kebakaran yang tersedia di kendaraan tersebut.

Tetapi bagaimana apabila kondisinya sudah seperti yang tertera digambar atas kiri ini???
Menurut hemat saya, waktu yang tersedia bagi anda adalah hanya sekeitar 10 sampai dengan 15 menit sebelum “kejadian yang sangat fatal” terjadi.

Kasus ini saya alami sendiri pada saat saya menuju perjalanan pulang dari Denpasar ke Kartika Plasa Hotel Kuta pada siang hari 21 April 2007. Ternyata… api yang tadinya kecil akan menjadi seperti kebakaran pada truk pick up ini, hanya dalam tempo 4 menit. Sesudah itu tentunya kami yang berada di sekitar tidak berani mendekat.

Jadi TIPS2:adalah memanggil unit dinas kebakaran untuk mengirimkan mobil kebakaran, yang tentunya tidak diketahui kapan mereka akan berdatangan.

img_4001.jpg Nah…. sementara menunggu dinas kebakaran mengirimkan mobil-mobil unit kebakarannya, mendadak tanpa diduga-duga dalam tempo 3 menit sesudah itu terjadi gunjangan ledakan yang sangat dahsyad, seperti letupan bom!!!!!
Saya saksikan dari jarak yang sangat dekat bagaimana kuatnya pelat besi mesin maupun tanki bensin menjadi berserakan dalam bagian-bagian yang kecil…. Mereka melesat keseluruh penjuru dengan mengancam kerusakan harta benda dan jiwa!!!. Lontarannya mencapai radius 5 sampai dengan 10 meter. Kaca rumah makanpun berserakan… dan sangat beruntung tidak memakan korban jiwa.

Kemudian TIPS3: Segera melarikan diri atau menjauhi lokasi kebakaran dengan jarak 30 meter dari lokasi kejadian paling lambat 5 menit setelah kobaran api dimulai.
Disini.. anda sudah harus pasrah merelakan mobil anda lenyap…nyap….nyap dimakan api.

img_4004.jpg
Memang benar akhirnya mobil tanki kebakaranpun berdatangan. Jumlahnya engga tanggung2 sebanyak 3 unit.

img_4005.jpg

Dengan tepukan meriah dari para penonton, seakan mengejek karena terlambat datang…., apipun berhasil dipadamkan dalam tempo 10 menit kemudian. Tetapi mobil yang terbakar telah hancur legam berserakan tanpa arti. Jika dijualpun maka nilai bukunya hanya menjadi Rp 100,000 sebagai rongsokan besi tua.

Kesimpulannya, secanggih apapun alat monitor pengendalian api yang ada dalam sistem pengaman asset milik pribadi dan milik perusahaan, jika telah terjadi malapetaka seperti ini hanya kesedihanlah yang tertinggal.

TIPS 4: Bersegeralah melakukan proses lindung nilai (hedging)atas segala asset yang berharga dengan mengikuti program asuransi kerugian.

(copyright@aditiawanchandra)
[halaman awal]

Kategori:Practical Tips
  1. Evy
    April 26, 2007 pukul 11:28 am

    Pak Adit aku link ya, biar pada main ke sini temen2, biar dapet tips berguna,kali pada sungkan hehehehe

    Suka

  2. Evy
    April 26, 2007 pukul 6:15 am

    Ya ampun pak, itu mobil yang bapak tumpangi kebakaran dan meledak kok masih sempet motret? Jadi tips 5,bersyukur sudah selamat ya pak🙂

    Maaf neh jarang mampir, aku bikin paper work sak umbyuk2, jd posting yg ada di paper aja hehehe, thank ya pak Adit tambahannya untuk postingan leadership, jd bisa buat nambain di paper hehehe🙂 sering2 ya pak,senang bisa belajar dari bapak 🙂

    Suka

  1. April 26, 2007 pukul 2:56 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: