Beranda > Practical Tips > Tips Sukses Meniti Karir

Tips Sukses Meniti Karir


mr-bean.jpgSiapapun pasti menginginkan kesuksesan dalam mencapai karir. Betapa tidak, segala usaha telah ditempuh untuk meraih cita-cita. Untuk mewujudkannya seseorang bahkan rela mengorbankan waktu, energi, dan biaya. Tetapi masalahnya mengapa seseorang dapat mudah mencapainya, sementara yang lain sulit merealisasikannya.
Menurut pengalamanku, ada beberapa kiat yang perlu diperhatikan agar apa yang menjadi cita-cita mudah diraih.

(a) Komitmen yang tak putus-putus. Apapun langkah yang dilakukan untuk mewujudkan cita-cita, perlu dilakukan dengan keinginan dan daya juang yang tinggi. Apabila di tengah jalan kita menghadapi godaan dan kendala, cobalah untuk bangkit kembali memulai langkah baru. Langkah-langkah tersebut harus terarah, fokus dan dapat dilaksanakan.

(b) Langkah berikut harus lebih baik. Meniti karir merupakan perjalanan panjang. Sehingga untuk merealisasikannya perlu langkah-langkah yang berkesinambungan. Langkah tersebut antara lain berbentuk inisiatif, hasil karya, penyelesaian tugas, kerjasama dan komunikasi. Nah.. apapun tindakan nyata yang kita perbuat, langkah penitian karir yang akan dilakukan harus merupakan yang lebih baik.

(c) Mulailah perbaiki segala kelemahan diri yang ada. Bangkitkan percaya diri untuk dapat dengan mudah mengungkapkan inisiatif. Perbanyaklah ilmu dan ketrampilan yang relevan dan signifikan untuk dapat menghasilkan hasil karya. Senantiasa fokus dan pintar-pintar mengelola waktu agar tugas-tugas terselesaikan sesuai jadual.

(d) Meningkatkan kompetensi apapun melalui teknologi. Dalam era komputerisasi dan digitalisasi saat ini, kita perlu menguasai teknologi internet, penggunaan software tertentu dalam proses bisnis di organisasi/perusahaan, dan teknologi yang relevan dengan kompetensi khusus yang kita miliki.

(e) Kembangkan kerjasama dan jejaring kerja yang positif. Dalam pekerjaan sehari-hari umumnya tugas-tugas perlu diselesaikan melalui kerjasama antar unit organisasi. Tidak mungkin kita bekerja sendiri, sehingga kita memerlukan bantuan teman, rekan, dan kolega di tempat kerja. Jalinlah sikap bersahabat, menghargai bantuan atau karya orang lain. Lakukan juga hubungan komunikasi yang baik dengan sesama bawahan maupun atasan. Janganlah malu-malu bertanya pada mereka dan memberikan dukungan yang diperlukan. Ucapkanlah tanda terima kasih atas bantuan dan kerjasama mereka. Perluas juga kerjasama ini diluar bidang tugas, bagian atau organisasi dimana kita berada. Yang perlu dihindari, janganlah sekali-kali kita menjelekkan atau menghina inisiatif maupun hasil karya orang lain.

(f) Tepati janji dan taat pada prosedur yang berlaku. Kepercayaan dari atasan maupun rekan dan mitra kerja akan sangat mempengaruhi keberhasilan meniti karir. Oleh karena itu lakukan semua tugas, kerjasama, dan kesepakatan secara tepat waktu dan sesuai prosedur.

(g) Gaul dan menjaga sopan santun. Menjaga penampilan diri dan tutur kata merupakan hal sepele yang sangat dituntut dalam menjalin kerjasama. Sesuaikan cara berpakaian dengan budaya organisasi yang berlaku. Jika sebagian besar karyawan berpakaian neces, kitapun mengikutinya. Kalau bos dan atasan kita umumnya memakai pakaian blue jeans, tidak ada salahnya kitapun menyesuaikan dengan mereka. Pergaulan dapat di dijalin melalui jalur hobby yang sama atau mengikuti kegiatan sosial yang ada di lingkungan kerja dan organisasi.

(h) Berdoalah pada Tuhan Yang Maha Esa. Apapun usaha yang kita lakukan perlu mendapatkan restu Tuhan YME. Jadi, janganlah bosan-bosan memohon pertolongan Tuhan untuk mengabulkan segala apa yang kita inginkan. Janganlah percaya pada tahyul, dukun maupun faktor keberuntungan!!!

Saya kira itulah syarat-syarat sukses meniti karir guna merealisasikan cita-cita yang kita inginkan. Tetapi saya percaya teman-teman pasti masih memiliki kiat-kiat tambahan lainnya untuk dapat kita dengar dan berbagi.

(copyright@aditiawan chandra)
[halaman awal]

Kategori:Practical Tips
  1. adityafacilitator
    Januari 5, 2010 pukul 8:44 am

    artikel yang bagus, saya setuju sebaiknya kita membina karir karena usaha kita sendiri bukan membina karir di bawah bayang bayang orang lain seperti yang saya tulis disini..
    btw blog bapak sangat lengkap lengkap.. terimaksih

    Suka

  2. April 12, 2009 pukul 4:32 pm

    terimakasih banyak atas ilmunya pak, saya minta izin mau menambah link di blog saya.
    wassalam

    Suka

  3. Desember 23, 2008 pukul 11:48 pm

    Karir adalah perjalanan, ujung cerita adalah buah dari proses pembelajaran sepanjang titian karirnya…

    cheers,

    kiki4hire

    Suka

  4. dwi
    Oktober 9, 2008 pukul 12:22 pm

    pak adit aku minta izin copy paste ya…
    buat nambah wawasan aja…. aku tetep cantumin nama dan linknya pak adit kok… semoga tambah sukses

    Suka

  5. September 24, 2008 pukul 3:08 pm

    terima kasih saudara faruck dan sista. selamat berkarya.

    Suka

  6. sista
    September 21, 2008 pukul 4:55 pm

    pak…thanx banget loh tulisannya. saya ini penyiar di salah satu radio stasion di ambon – maluku. dan tulisan bapak sangat memberkati penyiaran saya. GBU

    Suka

  7. Maret 19, 2008 pukul 7:15 pm

    tiap tips akan saya jalankan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai masa depan diri dan indonesia yang gemilang…
    .
    .
    .>>trima kasih…

    Suka

  8. November 29, 2007 pukul 7:25 am

    Oke juga tips meniti karir yang ditampilkan diatas. Namun langkah awal untuk meniti karir adalah dengan mempunyai sebuah pekerjaan. Saya mau numpang kasih info. Bagi yang sedang mencari pekerjaan, coba click http://www.jobkita.com. Jobkita.com merupakan online company yang menyediakan berbagai macam pekerjaan yang qualified.
    Jadi, mari kita meniti karir bersama – sama dari dasar sampai kita mencapai puncak kejayaan. Good Luck!

    Suka

  9. Oktober 31, 2007 pukul 9:14 am

    terima kasih pada teman-teman di seluruh pelosok nusantara dengan partisipasinya sharing tentang masalah2 aktual masyarakat yang dihadapi bangsa kita. salam, adit

    Suka

  10. Oktober 31, 2007 pukul 9:09 am

    Pak Adit saya terkesan melihat beberapa tulisan bapak, saya bersama teman aktif di Center for Media and Cross-cultural Studies (CMCS), Lhokseumawe-Aceh, kami pernah menjadikan artikel bapak jadi rujukan.

    IRW

    Suka

  11. September 6, 2007 pukul 7:47 am

    lam kenal………….
    “Siapa menanam benih, dia akan menuai panen”….

    Suka

  12. September 6, 2007 pukul 7:46 am

    salam kenal, isi blognya bagus.

    “Siapa menanam benih, dia akan menuai panen”….

    Suka

  13. Juli 21, 2007 pukul 8:14 pm

    Artikelnya bagus banget pak, buat intropeksi diri. Saya udah add blog bapak di blog saya..mohon di link balik ya pak. Terima kasih sebelumnya.

    4ndj4r
    http://4ndj4r.blogspot.com/

    Suka

  14. Juli 17, 2007 pukul 11:16 pm

    ga ngasal aja pak firman. tetapi mr bean itu orangnya ulet dalam meniti karirnya sampai menjadi orang paling top dalam melawak sesudah charlie chaplin.

    Suka

  15. Juli 12, 2007 pukul 12:46 pm

    Pak…. kok pake gambar Mr Bean ?
    Apa hubungannya ?

    Suka

  16. agus
    Juli 4, 2007 pukul 7:46 am

    Dimana ada kemauan pasti ada jalan. Thanks pak adit

    Suka

  17. Mei 25, 2007 pukul 9:46 pm

    terima kasih atas masukan2 dan komentar kawan2 semua. Silahkan boleh saja di link, semoga bermanfaat.

    Suka

  18. Mei 25, 2007 pukul 6:49 pm

    Sebuah artikel yang bagus, saya akan buat sebuah artikel buat siswa bukan siswa juga boleh malah kita sendiri juga bagus ntar saya link ke artikel bapak boehkan? thanks

    Suka

  19. nandar
    Mei 23, 2007 pukul 7:58 pm

    wah….!
    bagus buanget artikelnya!
    makasih ya pak adit?

    saya salah seorang mahasiswa STIEI di Banda aceh,saya akan selalu perbanyakkan ilmuku untuk masa depanku,keluargaku,bangsaku,dan duniaku.

    artikel ini sungguh sangat berguna bagiku.

    Suka

  20. nandar
    Mei 23, 2007 pukul 7:55 pm

    trima kasih atas artikelnya.semoga berguna bg semua orang.krena semua aorang punya cita2.begitu juga denganku

    saya salah seorang mahasiswa STIEI di Banda aceh,saya akan selalu perbanyakkan ilmuku untuk masa depanku,keluargaku,bangsaku,dan duniaku.

    artikel ini sungguh sangat berguna bagiku.

    Suka

  21. Mei 23, 2007 pukul 10:51 am

    Terima kasih atas artikelnya, sungguh membangkitkan semangat dan darah muda. Saya link blog anda ya, boleh kan?

    Suka

  22. Arif Fiyanto
    April 30, 2007 pukul 10:19 am

    Wah, Pak Adit setelah tidak menjadi dekan lagi makin aktif saja menulisnya. Saya sebagai mahasiswa Pak Adit masih terus belajar dari tulisan-tulisan di Blog Ini.
    Terimakasih Pak

    Suka

  23. Surapasara
    April 25, 2007 pukul 12:34 pm

    Uda banyak orang sukses di dunia ini. Tapi koq dunia tambah rusak? Sepertinya makin banyak orang sukses dan pinter makin banyak yang ga bener…

    O ya jgn dianggap hati..
    Cuman jeritan hati

    Suka

  24. doeytea
    April 12, 2007 pukul 3:10 pm

    Salam kenal Pak Adit, terima kasih juga tips nya. Mohon ijin link nya Pak, biar wawasan lingkungan bisnis saya bertambah.

    Suka

  25. Evy
    April 11, 2007 pukul 11:50 pm

    KLo aku kok kesimpulannya Do your best in the best way … hehehe trimakasih pak Adit tip-nya coba kapan2 klo semepet aku bikin artikel yg ku link ke tulisan ini…

    Suka

  26. April 10, 2007 pukul 2:45 pm

    mantap banget tips²nya.. mudah²an saya bisa mengaplikasikan.. intinya think and do in a positive way barangkali ya pak?

    Suka

  27. April 10, 2007 pukul 10:23 am

    Saya baru berkunjung ke blog ini. Kontennya sangat berkualitas dan bermanfaat. Salam kenal, pak Adit.

    Suka

  28. adit
    April 8, 2007 pukul 12:42 am

    silahkan pak rochmat. thanks.

    Suka

  29. rohmatsarman
    April 8, 2007 pukul 12:17 am

    Salam kenal Pak Aditiawan, saya mohon izin Bapak, Blognya saya add…

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: