Beranda > Ekonomi Makro, Merger, Taktik Manajemen > Merger dan Akuisisi Bank Nasional: Realitas dan Tantangan

Merger dan Akuisisi Bank Nasional: Realitas dan Tantangan

          Merger dan akuisisi perusahaan perbankan kembali marak terjadi di Indonesia pada akhir-akhir ini. Sukses merger dari bank papan atas seperti Bank Mandiri, Bank Danamon dan Bank Permata telah merangsang bank-bank pada papan menengah seperti Bank Haga dan Bank Hagakita untuk bergabung dengan pihak bank asing Rabobank. Dan terakhir ini kita melihat adanya minat dari bank-bank kecil menengah (Bank Harta, Bank Mitraniaga, Bank Harmoni) untuk melakukan strategi serupa, sebagaimana diuraikan pada artikel Fahmi Achmad pada Bisnis Indonesia 14 Nopember 2006.

          Strategi merger dan akuisisi merupakan salah satu bentuk strategi populer, yang awalnya naik daun pada era tahun 1970an.
Proses ini didorong oleh 3 faktor utama:  
          (a)semakin menyatunya sistem perekonomian regional dan perekonomian dunia,
          (b) adanya ekspansi perusahaan2 MNC ke berbagai negara, dan
          (c) berbagai terobosan teknologi informasi dan telekomunikasi setelah tahun 1980 yang memudahkan proses alih informasi dan kapital.

Pada kasus industri perbankan, krisis perekonomian yang terjadi di wilayah ekonomi Asia Timur dan Asia Tenggara pada tahun 1997 telah membawa dampak terjadinya kemelut di industri perbankan di dalam negeri. Cukup banyak lembaga perbankan yang menghadapi permasalahan dan bahkan kemudian kolaps akibat krisis tersebut.
          Upaya penyelamatan dari bank-bank yang masih bertahan kemudian tertolong dengan dijalankannya kebijakan “restrukturisasi finansial”dan strategi “merger dan akuisisi”.
Proses merger dan akuisisi di industri perbankan memang memiliki baik dampak yang positip maupun dampak yang negatip, tergantung dari perspektif kita memandangnya. Keberhasilan upaya merger dan akuisisi memerlukan keuletan dan jalan yang cukup berliku bagi berbagai pihak yang ingin sukses menerapkan kebijakan ini.

Dampak Langsung dan Tidak Langsung.
         Strategi merger dan akuisisi yang terjadi di industri perbankan dapat memberikan dampak langsung pada perusahaan yang melakukan proses merger.
          Secara mikroekonomi, penerapan strategi ini ternyata disamping dapat memberikan pengaruh yang positip; dapat juga memberikan rekaman hitam dalam bentuk kekecewaan, konflik dan bahkan kegagalan dari proses itu sendiri. Pada tingkat makro ekonomi, sementara ini strategi merger dan akuisisi belum memberikan dampak positif yang besar.

Pengaruh Mikroekonomi
          Begitu dua atau lebih organisasi perbankan melakukan strategi merger maka akan terjadi perubahan tingkah laku dari perusahaan gabungan tersebut.
Dampak positip yang sering dilaporkan adalah:
          (1)  Dimungkinkannya pertukaran cadangan cash flow secara internal antar perusahaan yang melakukan merger, sehingga bank hasil merger dapat memanage risiko likuiditas dengan lebih fleksibel.
          (2)  Diperolehnya peningkatan modal perusahaan (biasanya CAR akan meningkat tetapi tidak terlalu cukup tinggi) dan adanya keunggulan dalam memanage biaya akibat bertambahnya skala usaha.Efisiensi perusahaan dapat dilakukan lebih lanjut, khususnya dalam efisiensi biaya provisi kredit.
          (3)  Dicapainya keunggulan market power dalam persaingan, yang kemudian dapat memperbesar margin bunga pinjaman.

Tetapi proses merger itu sendiri dapat juga memberikan pengaruh negatif berikut ini:
          (1)  Karena proses merger biasanya dilakukan atas dorongan untuk cepat terselesaikannya kemelut keuangan di salah satu bank peserta, maka harga penjualan sahamnya cenderung akan dinilai dibawah harga pasar yang wajar.
          (2)  Proses merger biasanya diikuti dengan peningkatan ketidakpastian pada pihak Direksi, manajer dan karyawan.
          (3)  Proses merger perbankan nasional di Indonesia biasanya diikuti dengan pengurangan jumlah pegawai dan staf kurang profesional di perusahaan perbankan hasil merger.
          (4)  Terjadinya benturan kepentingan, kondisi saling curiga dan bahkan konflik diantara para anggota komisaris dan direksi. Hal ini terjadi jika bank hasil merger tersebut dikuasai oleh lebih satu pemegang saham pengendali. Sebagian anggota komisaris dan direksi yang ada cenderung untuk berlomba mewakili kepentingan masing-masing pemilik dari bank hasil merger dengan menunjukkan prestasi kelompoknya masing-masing.
          (5)   Kegiatan merger dalam dua tahun pertama cenderung diikuti dengan strategi efisiensi; sehingga hal ini akan mengurangi semangat dan kreativitas dari sebagian pihak Direksi dan staf profesional. Jika hal ini berlanjut cukup lama maka biasanya akan diikuti dengan proses exodus para manager menengah yang profesional dan inovatif.
          (6)  Benturan budaya perusahaan tidak dapat dielakkan; sehingga tentunya perusahaan hasil merger akan mengalami penurunan dalam jangka pendek.

Pengaruh Makro
          Di beberapa negara berkembang lainnya di dunia, strategi merger biasa digunakan untuk memperkuat dan memperluas kepemilikan Pemerintah pada industri perbankan. Alasannya  pelaksanaan strategi ini agar pemerintah dapat menjalankan program pembangunan dengan dukungan lembaga perbankan yang dikendalikan
          Strategi ini ternyata tidak sepenuhnya berhasil, karena yang terjadi adalah mismanajemen dalam pengelolaan organisasi bank merger yang semakin besar, dengan laporan banyaknya kejadian kasus , penunjukan rekanan teman sendiri, inefisiensi penggunaan anggaran promosi dan anggaran pengembangan, serta diketemukannya berbagai kasus korupsi. 
          Kasus di salah satu bank hasil merger di tanah air, membuktikan sebagian dari dugaan ini. Kurangnya pengawasan dari pihak Dewan Komisaris, yang melimpahkan kewenangan yang lebih besar pada pihak Direksi untuk memutuskan kelayakan kredit usaha pada jumlah yang besar, telah membawa akibat meningkatnya angka NPL bank tersebut.
          Dampak negatif terjadi karena tidak transparannya perusahaan merger milik pemerintah yang tidak diawasi sepenuhnya oleh publik.
          Pada perspektif yang lain,strategi merger dan akuisisi dipandang sebagai alat untuk memperkuat struktur kapital perbankan secara makro — di lokasi operasi peserta bank merger.
Tujuan ini dilaksanakan agar tercapai proses penguatan landasan keuangan perbankan nasional menuju konvergensi.
          Dalam kaitan ini Bank Indonesia beberapa tahun terakhir telah merubah kebijakan publiknya untuk mengundang partisipasi asing dalam proses merger bank-bank nasional di Indonesia – sehingga diharapkan akan tercapai arsitektur pengaturan kapitalisasi perbankan secara bentuk “kerucut piramida”. Kebijakan ini tentunya perlu dilakukan secara hati-hati, dan bahkan jika perlu dikaji ulang, mengingat bukti-bukti empiris yang belum mendukung sepenuhnya dugaan tersebut.
Internasionalisasi kepemilikan asing dalam arsitektur perbankan nasional memiliki potensi yang akan memberikan dampak negatip pada perekonomian nasional, mengingat beberapa potensi ancaman berikut ini:
          (1)  Kemungkinan timbulnya kesenjangan antara proses akumulasi dana pihak ketiga dan proses penyalurannya untuk kepentingan perekonomian lokal dan nasional.
          (2)  Kurangnya partisipasi bank asing dalam pendanaan kegiatan usaha berskala besar di tanah air, seperti pendanaan program pembangunan infrastuktur, mengingat perhitungan managemen resiko yang sangat ketat yang mereka jalankan.
          (3)  Pada saat kondisi politik di dalam negeri menghadapi skenario kemelut dan krisis, maka cadangan bank-bank asing di Indonesia akan terjadi.
          (4)  Bank asing akan memindahkan sementara waktu dana yang terhimpun di dalam negeri ke anak-anak perusahaan holding yang lokasinya terdekat, seperti di Singapura dan Hongkong.
          (5)  Tingkat multiplier penyerapan tenaga kerja di bank milik asing akan cenderung lebih rendah dibandingkan dengan angka-angka multiplier pada perusahaan perbankan milik swasta domestik dan perusahaan BUMN.
          Atas dasar kondisi tersebut dan kemungkinan rapuhnya peta politik di dalam negeri pada tahun-tahun mendatang, maka seharusnya  Pemerintah meninjau kembali aturan tentang kepemilikan asing dalam industri perbankan nasional.
          Kebijakan membatasi porsi kepemilikan asing dalam perbankan nasional di tanah air merupakan strategi kebijakan tambahan untuk terlaksananya proses merger secara aman di Indonesia.

Kunci Sukses
          Strategi merger dan akuisisi dapat berjalan sukses apabila memenuhi persyaratan berikut:
          (1)  Dilakukan dengan memanfaatkan keunggulan dan menutupi kekurangan yang dimiliki oleh bank peserta biasanya menyebabkan kegagalan proses merger dan akuisisi. 

          (2)  Bank peserta perlu memiliki kemiripan budaya dan falsafah perusahaan yang tidak jauh bertolak belakang.
          (3)  Bank peserta memiliki pimpinan perusahaan yang berdedikasi dan mampu menyelesaikan konflik-konflik secara cepat, bijak dan arif; serta tidak bersifat otoriter.
          (4)  Bank peserta memiliki visi dan misi yang dapat dijalankan oleh bank yang telah digabung. Lebih baik lagi jika pada masing-masing bank memiliki kemiripan fokus bisnis
          (5)  Proses implementasi pasca merger perlu dilakukan dengan melakukan proses harmonisasi produk dan layanan baru, pemantapan dedikasi karyawan dan pembentukan platform dan sistem prosedur yang seragam dan efisien.

           Proses stabilisasi setelah merger akan memakan waktu cukup lama sekitar 2-3 tahun, dan biarkanlah proses tersebut dilakukan dengan baik dan sempurna, tanpa cepat-sepat melakukan proses divestasi lanjutan. (copyright@aditiawan chandra)

About these ads
  1. yu amalia
    Mei 15, 2007 pukul 12:33 pm | #1

    saya mencari proses merger dan manfaatnya

  2. Mei 16, 2007 pukul 11:04 pm | #2

    rujukan tentang ini masih sangat terbatas. coba anda cari di perpustakaan mmui salemba 4. tks

  3. fitri
    Juni 19, 2007 pukul 6:38 am | #3

    saya sedang mencari topik tentang proses akuisisi, dari mulai perencanaan sampai perhitungan nilai setiap perusahaan (yang mengakuisisi dan yang diakuisisi)

  4. bimbim
    Juni 26, 2007 pukul 5:50 pm | #4

    artikelnya sangat kurang, coba dilengkapi dan lebih diperbanyak ok

  5. roy
    Juli 10, 2007 pukul 10:24 am | #5

    saya baru mencari data tentang daftar perusahaan yang melakukan merger&akuisisi di Indonesia selama tahun 2000-2006 beserta metode akuntansi yang digunakan, apakah purchase atau poling of interest.

  6. ali
    Juli 19, 2007 pukul 11:46 pm | #6

    saya ingin mengetahui bagaimana pengaruh marger terhadap karyawan perusahaannya? terima kasih

  7. windy cynthia dewi
    Agustus 3, 2007 pukul 7:03 pm | #7

    saya ingin mencari nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi di indonesia selama tahun 2002-2007.

  8. NanTo
    September 1, 2007 pukul 3:20 pm | #8

    Saya ingin mengetahui data tentang daftar perusahaan yang melakukan merger&akuisisi di Indonesia dan Malaysia selama tahun 2000-2007.

  9. didi
    September 3, 2007 pukul 10:09 pm | #9

    Saya sedang meneliti tentang: evaluasi merger terhadap kinerja perbankan, yang mau saya tanyakan adalah : apa saja yang akan saya soroti untuk mengevaluasi merger tersebut. Terima kasih (dari : didi)

  10. September 6, 2007 pukul 8:01 am | #10

    maaf dik nanto saya sedang tidak memliki data yang dimaksud. Sedangkan untuk melihat dampak merger tehdap kinerja antara lain dapat dilihat sejauh mana perkembangan pendapatan dan harga saham (jika go publik) telah berkembang. Jika tidak go publik dapat dilihat apakah tujuan dari diadakannya merger telah tercapai… untuk ini anda dapat mengcluster perbankan yang melakukan merger menurut tujuan tujuan tersebut.

  11. inoeg
    September 11, 2007 pukul 5:23 am | #11

    saya ingin mengetahui daftar perusahaan go public di BEJ yang melakukan merger dan akuisisi antara tahun 1995-1997 dan 1999-2003, beserta metode akuntansi yang digunakan, apakah purchase atau pooling of interest?

  12. soni
    September 17, 2007 pukul 8:06 am | #12

    pak tolong saya dikrimi artikel mengenai perusahaan yang melakukan akuisisi,merger,konsolidasi sebagai tugas mata kuliah saya

  13. September 18, 2007 pukul 12:12 am | #13

    PA TOLONG BANTU SAYA, SAYA MEMBUTUHKAN ARTIKEL, KASUS TENTANG MERGER DAN AKUISISI.
    SAYA SUDAH LULUS DAN KINI SEDANG MENCOBA MENCARI PEKERJAAN DI BIDANG HUKUM, SAAT INI SAYA SEDANG MELAMAR DI KANTOR PENGACARA.
    JADI SAYA MEMBUTUHKAN INFORMASI TENTANG MERGER DAN AKUISISI.
    EMAIL SAYA deni_denoks@yahoo.co.id

    TERIMA KASIH

  14. laju
    September 24, 2007 pukul 10:21 am | #14

    pak tlg dibantu, 6 perusahaan di indonesia dan 3 di luar indonesia yang sukses setelah akuisisi

  15. gentur
    September 25, 2007 pukul 11:43 am | #15

    saya sedang melakukan penelitian tentang merjer dan akuisisi…mohon bantuan dan informasinya untuk data tentang daftar perusahaan yang melakukan merger&akuisisi di Indonesia selama tahun 2000-2006 beserta metode akuntansi yang digunakan, apakah purchase atau poling of interest.

  16. roni
    Oktober 2, 2007 pukul 8:25 am | #16

    saya mencari data perusahan yang melakukan merger dan akuisisi

  17. endah
    Oktober 15, 2007 pukul 3:26 pm | #17

    pak, saya sedang melakukan penelitian tentang perusahaan yang melakukan akuisisi. saya ingin mengetahui daftar perusahaan go publik di BEJ tahun 2002-2007.mohon bantuan bapak..
    terima kasih sebelumnya

  18. dolo
    Oktober 18, 2007 pukul 11:08 am | #18

    pak, saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi. Saya membutuhkan data mengenai perusahaan yang melakukan merger atau akuisisi. Bisa minta data atau dimana saya bisa mencari data tersebut. Tolong baslas ke e-mail saya secepatnya. Terimakasih.

  19. lidyahwati
    Oktober 23, 2007 pukul 10:51 am | #19

    saya membutuhkan nama-nama perusahaan pengakuisisi yang telah melakukan akuisisi pada periode 2000-2006, untuk keperluan skripsi saya. terimakasih

  20. Oktober 31, 2007 pukul 8:44 am | #20

    maaf baru saya balas permintaan tentang data2 tersebut. jujur saya katakan memang agak sulit mengakses data2 tentang akuisisi tersebut. tetapi bagi yang berminat, untuk perusahaan yang go publik dapat langsung hubungi manajemen BEJ melalui kontak pelanggan di web mereka. Tetapi untuk perusahaan swasta perlu usaha lebih besar dengan menelusuri data base perubahan status perusahaan di departemen kehakiman. moga2 hal ini tidak megurangi minat anda mempelajari proses akuisisi perusahaan2 di Indonesia. salam, adit

  21. November 2, 2007 pukul 3:32 pm | #21

    pak saya ingin mengetahui perusahaan yang go publik di BEJ yang melakukan merjer atau akuisis tahun 2003-2007. ini untuk keperluan skripsi saya.mohon bantuannya ya pak…terima kasih

  22. reny
    November 5, 2007 pukul 11:39 am | #22

    saya membutuhkan nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2000-2006, untuk keperluan skripsi saya. mohon bantuannya ya, pak. tolong balas ke email saya secepatnya. terima kasih sebelumnya

  23. ana
    November 21, 2007 pukul 10:20 am | #23

    saya membutuhkan nama perusahaan yg melakukan akuisisi terutama yang di surabaya. Dan dimana saya bisa mendapatkan data2nya. Karena skripsi saya diharuskan untuk terjun langsung ke lapangan. Mohon bantuannya ya, pak. tolong balas ke email saya. terima kasih.

  24. Medhia Hartanti
    November 25, 2007 pukul 12:57 pm | #24

    Ass.
    Saya mahasiswa Maksi UI, mau bikin tesis mengenai merger dan akuisisi perbankan di indonesia beserta dampak yang diakibatkan oleh merger dan akuisisi tersebut. Saya mau minta tolong, apakah bapak mempunyai data mengenai bank-bank yang melakukan merger dan akuisisi dari tahun 1995-2006??
    Terima kasih
    Medhia

  25. November 30, 2007 pukul 6:46 am | #25

    maaf saya tidak memilikinya. Bisa ditanyakan pada bagian pelayanan pelanggan atau bagian hukum di Bank Indonesia.

  26. reta
    Januari 5, 2008 pukul 6:01 pm | #26

    pak..tolong dong…saya lagi skripsi,saya membutuhkan data nama – nama perusahaan publik yg melakukan merger dan akuisisi( masing2 5 perusahaan ) untuk tahun 2006-2007…tolong segera kirim ke email saya pak…Thx

  27. putri
    Januari 7, 2008 pukul 2:57 pm | #27

    pak, saya minta tolang…saya membutuhkan data nama-nama perusahaan manufaktur yang melakukan merger dan akuisisi untuk tahun 2001-2004, yang disertai dengan nama perusahaan target atau perusahaan yang diakuisisi…mohon bantuannya ya pak:)
    Terima kasih sebelumnya….

  28. Januari 7, 2008 pukul 7:27 pm | #28

    maaf putri saya tidak memiliki data yang dimaksud.

  29. dery
    Januari 9, 2008 pukul 10:31 am | #29

    Pak, saya minta tolong, saya sedang mengerjakan tesis mengenai merger dan akuisisi perbankan di indonesia beserta dampak yang diakibatkannya.Apakah bapak mempunyai data mengenai bank-bank yang melakukan merger dan akuisisi dari tahun 1995-sekarang?
    Terima kasih
    Dery

  30. samuel
    Januari 18, 2008 pukul 10:01 am | #30

    Pak, saya minta tolong, saya sedang mengerjakan tesis tentang kredit dana pihak ke tiga lebih tepatnya yaitu kredit konsumsi perbankan. cari datanya yang lengkap di mana pak dan saya juga sangat butuh sekali jurnalnya tentang dana pihak ke tiga intinya produknya tentang personal loan atau kredit tanpa agunan yang marak di perbankan deng persaingan tingkat bunga kredit perbankan. mungkin bapak punya data tersebut, jika ada jurnalnya saya butuh bangat dari tahun 2000an keatas, atas perhatiannya, terima kasih
    samuel

  31. Yuvi
    Februari 1, 2008 pukul 9:18 am | #31

    tolong informasi mengenai perusahaan publik yang diakuisisi pada tahun 2002-2004.ini untuk keperluan skripsi saya. Terimakasih

  32. thoriq
    Februari 2, 2008 pukul 11:03 am | #32

    ass wr wb

    saya meminta tolong dengan sangat saya membutuhkan nama-nama perusahaan yang terdaftar di bursa efek jakarta. saya sedang mengerjakan skripsi yg didalamnya terdapat analisis pengaruh strukrur kepemilikan terhadap agency cost pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek jakarta. mohon bantuannya. saya membutuhkan nama perusahaan tersebut yang tercatat mulai dari tahun 2004 – 2006..terimah kasih sbelumnya dan saya tunggu balasannya..

    wassalam

  33. Februari 8, 2008 pukul 5:22 pm | #33

    saya ingin sekali tahu tentang merger antara BEJ dan BES, serta nama-nama perusahaan yang melakukan merger. kira-kira dimana saya dapat memperoleh informasi tersebut. terima kasih sebelumnya.

  34. nizarr
    Februari 28, 2008 pukul 7:37 am | #34

    Pak, saya minta tolong. minta nama-nama perusahaan yang di akuisisi antara tahun 2001 – 2006 untuk keperluan pengerjaan skripsi.
    terima kasih sebelumnya.

  35. ayu
    Maret 5, 2008 pukul 7:34 am | #35

    Pak, apakah strategi merger dan akuisisi yang telah banyak dilakukan perusahaan-perusahaan, pada kenyataannya dapat meningkatkan return pemegang saham dan volume perdagangan saham perusahaan?

  36. Andhies Eko H.N
    Maret 5, 2008 pukul 2:34 pm | #36

    pak tolong saya dikrimi daftar perusahaan yang melakukan akuisisi,merger,konsolidasi sebagai tugas mata kuliah saya,trima kasih sebelumnya.

  37. Lia
    Maret 11, 2008 pukul 8:30 pm | #37

    Pa..tolong kirimin daftar perusahaan bank publik yang melakukan merger dan akuisisi antara tahun 1999 sampai tahun 2007 yach? tolong data2nya yang lengkap ya…buat data2 skripsi sya..
    n’ apa saya boleh tau email bp?
    trims..

  38. citra
    Maret 22, 2008 pukul 8:35 pm | #38

    pak.tolong kirimin saya data2 perusahaan publik yang melakukan akuisisi antara thn 2004-2006..dimohon balasan’a pak…karena saya butuh untuk bahan skripsi saya..terima kasih sebelum’a pak…

  39. citra
    Maret 22, 2008 pukul 8:40 pm | #39

    pak.tolong kirimin saya data2 perusahaan publik yang telah melakukan akuisisi antara thn 2004-2006..dimohon balasan’a secepatnya pak…karena saya butuh untuk bahan skripsi saya..terima kasih sebelum’a pak…

  40. iwan
    Maret 25, 2008 pukul 11:49 pm | #40

    tolong saya, saya butuh makalah mengenai merger

  41. dewi
    Maret 27, 2008 pukul 12:39 am | #41

    pak tolong kirimin saya data2 tentang marger, konsolidasi dan akuisisi perbankan dan lembaga keuangan lainnya

  42. tiwik
    Maret 29, 2008 pukul 4:10 pm | #42

    pak,saya membutuhkan daftar perusahaan yang melakukan akuisisi dan merger tahun 2004 sebagai bahan skripsi saya,terima kasih

  43. risca
    April 2, 2008 pukul 1:01 pm | #43

    pak tolong donk.. saya mencari perusahaan2 yang melakukan merger dan akuisisi yang terdaftar di BEI yang berakibat dampak positif dan yang berakibat dampak negatif… masing2 satu perusahaan… sekaligus dengan harga saham pada sebelum tempo penggabungan usaha dan sesudah pengganbungan usaha… thx… balas ke email saya yah pak secepatnya…

  44. Ayu
    April 5, 2008 pukul 11:34 am | #44

    Pak,saya butuh informasi tentang akuisisi bank artha graha th 2005,PT.astra otopart dan PT.selamat sempurna th 2006.itu siapa yg mengakuisi dan siapa yg diakuisisi.secepatny ya pak,trm ksh.

  45. lina
    April 15, 2008 pukul 5:22 am | #45

    Pak..tolong bantu saya..saya butuh daftar perusahaan yang melakukan merger n akuisisi thn 2000-2006 untuk bahan skripsi saya..saya sdh mncari informasi dmn saya dpt memperolehnya..tapi dengan biaya yang cukup mahal..
    tolong bangtu saya Pak..trma ksh sblumnya…balas ke email saya ya Pa..secepatnya..

  46. devi
    April 17, 2008 pukul 8:57 pm | #46

    pa, tolong saya.. saya membutuhkan contoh kasus mngenai merger atau akusisi ataupun konsolidasi…sebagai bahan ujian mid semester pak.. tolong ya pak.. terima kasih.

  47. lia analia
    April 24, 2008 pukul 11:18 am | #47

    saya membutuhkan perusahaan yang melakukan akuisisi sebagai bahan skripsi saya
    saya bapak dapat membantu saya

  48. nalsal
    April 28, 2008 pukul 3:03 pm | #48

    Pak,saya seorang mahasiswa tingkat akhir.saya membutuhkan data mengenai daftar perusahaan perbankan yang melakukan merger&akuisisi di Indonesia selama tahun 2000-2006??
    Apakah rasio CAMELS msh dipergunakan atau dapat menggunakan rasio” lainya
    terima kasih sebelumnya …!!

  49. Mei 14, 2008 pukul 4:39 pm | #49

    pak,…. say sedang meneliti tentang “pengaruh merger terhadap kinerja keuangan bank ditinjau dari likuiditas dan profitabilitas”
    tapi saya bingung variabel2 yang jadi pertimbangannya,….
    minta masukannya dwong pa,…..

  50. Vira
    Mei 16, 2008 pukul 11:57 am | #50

    Pak..Tolong kirimin Saya daftar perusahaan yang melakukan akuisisi sejak tahun 2004-2006 untuk bahan skripsi saya..tolong dibantu kirimkan ke email saya yah pak..terima ksih sebelumnya..

  51. diana
    Mei 17, 2008 pukul 9:34 am | #51

    pak saya mau taya perushaan apa saja yang melakukan akuisisi pad tahun 2003-2007, hak ini untuk keperkuan skripsi saya

  52. rara
    Mei 19, 2008 pukul 3:40 pm | #52

    pak.,saya mahasiswa yang juga akan membuat skripsi.saya tertarik dengan persoalan merger. bagaimana caranya untuk mendapat data perusahaan di indonesia yang melakukan merger, dan yang terdaftar di BEJ?? mohon bantuan bapak. terima kasih.

  53. Sugi
    Mei 25, 2008 pukul 10:52 am | #53

    pak.,saya mahasiswa yang juga akan membuat skripsi.saya tertarik dengan persoalan merger/akuisisi. bagaimana caranya untuk mendapat data perusahaan di indonesia yang melakukan merger, dan yang terdaftar di BEJ?? mohon bantuan bapak. terima kasih.

  54. agista rielda
    Mei 29, 2008 pukul 6:04 pm | #54

    pa tolong bantu saya, saya mau tahu perusahaan go public yang melakukan merger/akuisisi tahun 2000-2007.terimakasih…

  55. wawan
    Juni 10, 2008 pukul 10:36 am | #55

    bapak yang baik saya minta tolong pak perusahaan go public yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2003 – 2007 disertai tanggal melakukan merger dan akuisisinya ya pak? makasih……….

  56. Juni 10, 2008 pukul 10:41 am | #56

    pak saya minta bantuan daftar perusahaan yang melakukan meger dan akuisisi tahun 2003 -2007. makasih ya pak

  57. Hendro
    Juni 12, 2008 pukul 1:07 pm | #57

    Saya ingin mencari keterkaitan hubungan antara corporate culture setelah akuisisi dilakukan dengan kinerja keuangannya. Pls reply ASAP, deadline thesis udah diambang pintu pak. Thx

  58. bambang
    Juni 19, 2008 pukul 8:15 pm | #58

    pak saya ingin mencari dampak merger terhadap perbankan pada umumnya, merger terhadap eksistensi pemerintah.tolong bantu saya terima kasih

  59. fenny
    Juni 21, 2008 pukul 9:16 am | #59

    pak, saya ingin mencari nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi di indonesia selama tahun 2005-2007.tolong bantu saya pak..saat ini saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi.thx..

  60. Dian
    Juni 25, 2008 pukul 3:01 pm | #60

    Pak, saya minta tolong, saya sedang mengerjakan tesis mengenai merger dan akuisisi perusahaan di indonesia .Apakah bapak mempunyai data mengenai perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi dari tahun 1995-sekarang beserta tanggal pengumuman nya kpn ?
    Terima kasih

  61. gentha
    Juli 22, 2008 pukul 8:14 pm | #61

    Seperti komentar sebelumnya, Saya mohon bantuan Bapak untuk bisa mendapatkan data mengenai perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi pada tahun 2004-2005..
    Terima kasih

  62. baequni
    Juli 30, 2008 pukul 6:17 am | #62

    saya mohon bantuan bapak, untuk melengkapi skripsi saya membutukan data perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi pada tahun 2002-2007. Mohon untuk di reply ke email saya. Terimakasih

  63. surya
    Agustus 14, 2008 pukul 2:25 pm | #63

    pak saya minta bantuan carikan data tentang bank yg baru2 ini melakukan merger, yaitu bank lippo dan bank niaga… kirim ke email saya ya…

    apakah dengan merger, suatu bank akan mengalami 100% kemajuan dalam kinerja keuangannya?

    thanks

  64. Agustus 28, 2008 pukul 9:58 pm | #64

    Saya mahasiswi S1 yang sedang menyusun skripsi tentang pengaruh Camels terhadap return saham perbankan. Saya mau tanya ada tidak landasan teori yang menyatakan bahwa ada hubungan atau pengaruh antara komponen-komponen CAMELS terhadap Return Saham pada Perbankan? saya sudah mencari ke berbagai website namun tidak saya temukan juga. Saya mohon bantuan dan masukannya. Makasih banyak ya ^^

  65. Ali
    September 1, 2008 pukul 1:28 pm | #65

    Bagi Anda yang menginginkan data perusahaan apa saja dan tentang apa saja akan saya bantu

    Tolong kirimkan detail permintaan Anda ke email lengkap dengan nama, no HP (kalau ada) dan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim data

    sigma_pro@yahoo.com

  66. Ali
    September 1, 2008 pukul 1:33 pm | #66

    Bagi Anda yang menginginkan data perusahaan apa saja dan tentang apa saja akan saya bantu

    Tolong kirimkan detail permintaan Anda ke sigma_pro@yahoo.com

    disertai dengan nama Anda, no HP (kalau ada) dan alamat email yang akan digunakan untuk mengirim data

  67. September 4, 2008 pukul 10:24 am | #67

    saya ingin tahu bank-bank apa yang melakukan merger, apa perbedaan dari perusahaan merger dan tidak merger…kemudian apakah itu berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang ditinjau dari laporan keuangannya.dan yang terakhir apa kita bisa mengukur kinerja perusahaan lewat laporan keuangan?!!jika bisa bagian laporan keuangan apa yang tepat untuk digunakan!!
    thnx for attentionnya….
    tolong dibantu yach….
    secepatnya yach…

  68. anton
    September 8, 2008 pukul 7:53 pm | #68

    ada yg bs kasih company profile PT Sarana Sentosa tbk ??
    email me pliss : antonius_adang@yahoo.com
    tq

  69. Nur Aini
    September 10, 2008 pukul 3:58 pm | #69

    Salam sejahtera,

    Mohon bantuan mengenai data marger dan akuisisi Bank dari tahun 1997-2007 Baik milik BUMN maupun swasta.

    Atas perhatiannya, saya haturkan terima kasih

  70. pipit
    September 15, 2008 pukul 9:47 pm | #70

    bank mandiri, merger,konsolidasi, atau akuisisi?????

  71. maya
    September 19, 2008 pukul 8:51 pm | #71

    pak tolong di beri data nama-nama perusahaan (acquisitor & target) tahun 2001 – 2006. terimakasih

  72. yanita
    September 20, 2008 pukul 10:38 am | #72

    pak saya mohon saya ingin mencari nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi di indonesia selama tahun 2003-2007.terimakasih

  73. tri arni
    September 23, 2008 pukul 11:46 am | #73

    pak,saya sedang mengajukan judul..
    kemaren judul saya “tinjauan yuridis konsolidasi bank BUMN terhadap UU 5 1999″,,
    tetapi dosen saya bilang,itu agak sumir,dia takut saya kesusahan nantinya,,
    jadi saya disuruh bahas konsolidasi bank BUMN dikaitkan sama kebijakan pemerintah yang salah yang berhubungan dengan konsolidasi tersebut..
    Menurut bapak,,kebijakan yang mana yang bagus untuk dibahas?
    terima kasih sebelumnya..

  74. September 24, 2008 pukul 3:02 pm | #74

    dear sahabat
    maaf lama saya tidak beredar. karena kesibukan. mengenai permintaan data akses merger dan akusisi sy tidak dapat membantu, karena sy tidak mengakumulasinya.
    untuk dik tri… konsolidasi bank bumn perlu dikaitkan dengan implementasi kebijakan bank indonesia tentang hal tsb. pelajari juga ketentuan2 yang ada undang2 bumn. salam.

  75. adang
    Oktober 20, 2008 pukul 9:25 pm | #75

    pak adit .. bs minta list perusahaan yang melakukan merger/akuisisi periode 01-04 yang sahamnya listing di BEJ waktu periode itu. thx sebelumnya…
    tolong infonya ke antonius_adang@yahoo.com

  76. Erma
    Oktober 28, 2008 pukul 6:10 pm | #76

    Pak,saya bs minta kirimin daftar perusahaan yang melakukan akuisisi pada periode 1998-2007..

  77. fenny
    Oktober 31, 2008 pukul 7:03 pm | #77

    saya salah seorang mahasiswa.

    dan saya ada assigment mengenai bank yang melakukan akuisisi.

    bank tersebut adalah

    cimb-niaga-lippo bank
    ekonomi-hsbc bank

    blh tao mengapa mereka melakukan akuisisi. Apa sebabnya n adapun keuntungan dan kerugian dr akuisisi tersebut..?

    thank you

  78. Fitrah
    November 3, 2008 pukul 8:27 pm | #78

    Salam kenal bwat saudara ADIT, saya mau nanya….
    Bagaimana mengetahui informasi lengkap emiten yang melakukan merger dan akuisisi pada periode 2002-2007..? Untuk keperluan skripsi saya…..
    Informasi saudara sungguh bermanfaat bagi saya…..
    semoga berkenan membantu…..
    TERIMA KASIH….

  79. fenny
    November 5, 2008 pukul 1:46 pm | #79

    pak, saya ingin mencari nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi di indonesia selama tahun 2004-2007.tolong bantu saya pak..saat ini saya sedang melakukan penelitian untuk skripsi.tlg krm ke email saya pak secepatnya..email saya: fenny31387@yahoo.com.thx..

  80. Jessica
    November 22, 2008 pukul 3:26 pm | #80

    Saya ingin mencari data perusahaab perbankan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2004 dan tahun 2005
    Mohon bantuannnya
    Terima kasih

  81. rierie
    November 25, 2008 pukul 6:49 am | #81

    Pak, saya mahasiswa universitas swasta di bandung.
    Saya ingin mencari daftar perusahaan akuisisi lintas batas oleh perusahaan singapura terhadap perusahaan indonesia.
    Mohon bantuannya pak.
    Saat ini saya dedang melakukan penelitian untuk skripsi saya.
    Tlg kirim ke email saya pak.

  82. dian
    Desember 7, 2008 pukul 10:07 pm | #82

    Pak, saya ingin mencari nama perusahaan yang melakukan merger,konsolidasi,dan akuisisi.
    Mohon bantuannya.
    Terimakasih sebelumnya.

  83. alfian
    Desember 24, 2008 pukul 2:31 pm | #83

    sumber…dari artikel ??

  84. ct
    Januari 12, 2009 pukul 7:58 pm | #84

    kl mau cari data tentang kepemilikan saham bank-bank yang sebelum dan sesudah merger tu dimana ya??
    tolong kalo tau ya,buat tugas niy..
    thx b’4..

  85. iqbal
    Februari 7, 2009 pukul 12:40 pm | #85

    pak,,saya sedang mengerjakan skripsi…
    saya membutuhkan daftar2 bank yg melakukan akuisisi(periode 2003-2007) beserta laporan keuangannya..
    mohon bantuan nya,,,
    trimakasih sebelumnya,,,

  86. doni
    Februari 16, 2009 pukul 11:03 am | #86

    pak, saya sedang mencari tugas tentang beberapa contoh perusahaan yang saat ini melakukan merger dan akuisisi……..

  87. dian
    Februari 20, 2009 pukul 10:59 am | #87

    Siang pak,
    saya mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi mengenai merger dan akuisisi. Saya sangat membutuhkan daftar perusahaan manufaktur (go publik) yang melakukan merger dan akuisisi antara tahun 1984-1997. Data tersebut sangat sukar diperoleh. Apakah Pak Adit bisa membantu saya?
    Terima kasih….

  88. Agung Darmawan
    Maret 6, 2009 pukul 2:21 pm | #88

    Sore pak,
    saya salah satu mahasiswa PTS di Tangerang semester akhir yang sedang menyusun skripsi tentang merger. singkat saja yang akan saya tanyakan adalah
    1. apakah secara substansial merger yang dilakukan bank-bank di indonesia lebih berdampak positif apa negatif?kalaupun ada dampaknya seperti apa?
    2. bagaimana nasib para karyawan ataupun para pemegang saham minoritas terhadap merger bank yang dilakukan?
    3. apakah merger yang dilakukan antara perusahaan (PT) sama mekanismenya dengan merger terhadap bank?

    terima kasih sebelumnya
    selamat siang

  89. lusi
    April 1, 2009 pukul 11:08 am | #89

    salam sejahtera,

    Saya ingin mencari data perusahaan manufaktur yang melakukan merger/akuisisi tahun 2002-2005

    tlg email : w_lusi@hotmail.com

    Mohon bantuannnya, krn ini untuk skripsi saya.
    Terima kasih

  90. iqbal
    April 3, 2009 pukul 1:25 pm | #90

    pak, saya juga mencari data perusahaan yang melakukan merger/akuisisi selama 3 tahun terakhir….
    kalau ada mohon di emailkan ke kedondong_dong@yahoo.com
    terimakasih pak

  91. Ali
    April 3, 2009 pukul 7:25 pm | #91

    Bagi yg membutuhkan data perusahaan yang merger dan akusisi atau data yang lain silahkan masuk ke:

    http://www.facebook.com/groups.php?ref=sb#/group.php?gid=72084873352

    Free/cuma2

  92. April 13, 2009 pukul 9:31 pm | #92

    BAPAK/IBU..MOHON BANTUANNYA..SAYA MAHASISWI SEDANG SKRIPSI..SAYA MEMBUTUHKAN DATA PERUSAHAAN YANG MERGER DAN AKUISISI DARI TAHUN 2000 – 2008 YANG LISITNG DI BEI BESERTA TANGGALNYA..MOHON BANTUANNYA BAPAK/IBU..
    TERIMAKASIH BANYAKKK..

  93. hany
    April 29, 2009 pukul 8:29 am | #93

    Bapak/Ibu..saya minta bantuannya.saya mahasiswa STIE Bank jateng smg.Saya membutuhkan data perusahaan manufaktur yang merger dan akuisisi dari tahun 2004-2007 yang listing di BEI beserta tanggalnya..Saya mohon bantuannya Bapak/Ibu yang terhormat.
    Saya ucapkan banyak terimakasih…

  94. YUNITA
    Mei 7, 2009 pukul 6:28 pm | #94

    ASSML……
    Bapak/Ibu yang saya hormati,saya Yunita anak kelas 1 sma,saya membutuhkan artikel tentang merger dan manfaatnya….

  95. Agnes
    Mei 25, 2009 pukul 9:46 am | #95

    Pak/ibu saya minta bantuannya. saya membutuhkan data perusahaan selain perbankan yang melakukan merger dan akuisisi serta tanggalnya dari tahun 2000-2008. Terima kasih.

  96. brahm
    Juni 16, 2009 pukul 2:22 pm | #98

    pak saya mahasiswa yang sedang skripsi. saya membutuhkan data perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2000-2007. kalau ada tolong kirim ke email saya.terima kasih

  97. brahm
    Juni 16, 2009 pukul 2:25 pm | #99

    pak saya mahasiswa yang sedang skripsi. saya membutuhkan data perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi beserta tanggalnya tahun 2000-2007. kalau ada tolong kirim ke email saya.terima kasih

  98. ika
    Oktober 6, 2009 pukul 8:29 pm | #100

    Assalamu’alaikum pak
    Saya membutuhkan data mengenai : Evaluasi Merger Perbankan di Indonesia ditinjau melalui Fungsi biaya parametik….
    Serta saya membutuhkan data2 Bank-bank Swasta atau BUMN yang Go Public dr th 2000-2005. Saya sedang melakukan penelitian Skrispi ttg semua ini. klo bs secepatnya di email kn ke :ika.arianti@yahoo.co.id.
    Trimakasih banyak ya Pak…….

  99. eva
    November 3, 2009 pukul 12:10 pm | #101

    mbak saya minta tolong kirimkan ke email saya daftar perusahaan perbankan yang listing d BEJ untuk periode 2006-2008.
    trims…

  100. eva
    November 3, 2009 pukul 12:12 pm | #102

    mbak kirim ke email saya eva_thea@ymail.com
    trimakasih banyak pak…

  101. ibawi
    Desember 25, 2009 pukul 2:01 pm | #103

    pak saya mahasiswa HUKUm yang lagi studi ttg akuisisi, mhn krim deskrip tentang ( ASPEK HUKUM AKUISISI PADA PT BANK MANDIRI )
    Yang ntar berisi pengertian, dasar hukun, kelemahan-kelebihan, dan paada bank mandiri.
    makaceeh..!!

  102. amanda rahayu
    Februari 13, 2010 pukul 10:15 am | #104

    pak.. saya mahasisiswa USU yang sedang menyusun skripsi memerlukan data – data tentang beberapa perusahaan yang melakukan merger dan akuisi dari tahun 2003-2009 yang listing di BEI kalo bisa beserta labanya…

    Terima Kasih Banyak Pak..

  103. Dhudi
    Februari 24, 2010 pukul 11:29 am | #105

    pak.. saya mahasisiswa Triksati lg nyusun skripsi perlu data beberapa perusahaan yang melakukan merger dan akuisi dari tahun 2006-2008.. mungkin bapak bisa bantu…
    bisa di kirim email di boysonlyid@gmail.com..

    terima kasih banyaj pak

  104. antin
    Maret 16, 2010 pukul 9:14 pm | #106

    pak,saya mau tanya.apakah anak perusahaan yg saham mayoritasnya dibeli oleh induk perusahaan secara bertahap hingga mencapai lebih dari 50% jg dapat disebut akuisisi??
    trims byk:)

  105. eka putri
    Maret 25, 2010 pukul 7:22 am | #107

    pak apakah bapak menyediakan tanggal pengumuman merger bank danamon (2000), bank century (2004), bank artha graha internasional (2005)

  106. Me
    April 3, 2010 pukul 11:16 pm | #108

    Pak..kalau boleh tau untuk data perusahaan yang merger dan akuisisi bisa saya cari dimana ya??
    Lalu seperti bank-bank yang melakukan merger dan telah go public apakah datanya pasti ada di BEJ?seperti tgl melakukan merger serta harga sahamnya?

    Terima kasih…

  107. yanthie
    Mei 2, 2010 pukul 7:25 pm | #109

    reny :
    saya membutuhkan nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2003-2007, untuk keperluan skripsi saya. mohon bantuannya ya, pak. tolong balas ke email saya secepatnya. terima kasih sebelumnya

    • Juni 18, 2010 pukul 10:23 am | #110

      bisa menghubungi departemen hukum RI. salam

  108. yanthie
    Mei 2, 2010 pukul 7:29 pm | #111

    saya membutuhkan nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2003-2007, untuk keperluan skripsi saya. mohon bantuannya ya, pak. tolong balas ke email saya secepatnya. terima kasih sebelumnya

    • Juni 18, 2010 pukul 10:22 am | #112

      agak susah yanh mendapatkan data tersbut. tetapi mungkin tercatat di berita acara perubahan status perusahaan di departemen hukum

  109. rori rusandi
    Mei 10, 2010 pukul 4:41 pm | #113

    pak ,saya mahasiswa dari pancabudi medan.,

    saya ingin tau tntang visi misi perusahaan yang melakukan merger.,.,

  110. Vivi Nuri
    Mei 12, 2010 pukul 7:48 pm | #114

    pak, saya membutuhkan nama-nama bank yang merger pada tahun 2002 sampai tahun 2009,tolong saya ya pak..!!!
    saya butuh datanya secepatnya,,,mohon bantuannya,,,tolong balas ke email saya!!
    makasih sebelumnya.

  111. Aldi Rizaldi
    Mei 21, 2010 pukul 2:10 pm | #115

    Pak saya membutuhkan nama bank dan manufaktur yang merger dan akuisisi tahun 2005-2008. Saya membutuhkan datanya untuk menyusun..Tolong balas ke email pak. Terima kasih..

  112. maryati
    Juli 12, 2010 pukul 12:47 pm | #116

    mohon mf….saya maryati sedang nyusun skripsi n tolong dibantu data tentang perusahaan publik yang dimerger / akuisisi pada tahun 2008,2009,2010, trmakasih atas bantuan nya…. email saya… harizt1@yahoo.co.id

  113. putri
    September 2, 2010 pukul 3:32 pm | #117

    windy cynthia dewi :
    saya ingin mencari nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi di indonesia selama tahun 2002-2007.

    -kalau bisa besrta laporan keuangannya,pak..
    tolong ya,pak…
    saya sudah cari tapi hasilnya negatif,padahal.. deadline nya sudah dekat..
    thanks..

  114. Mena
    Oktober 7, 2010 pukul 4:49 pm | #118

    Pak,, saya seorang mhswi yang sedang memerlukan data mengenai perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi pada tahun 2003-2009.. Mohon bantuannya darimana saya bisa mendapatkan data” tersebut karena saya sudah mencoba mencari di situs idx namun kurang lengkap dan mengenai akuisisi malah tidak. Terima kasih. Salam.
    alamat e-mail mena.pujiastuti@gmail.com

  115. sony sibi wijaya
    Oktober 27, 2010 pukul 10:07 am | #119

    bisa tolong bantu cari daftar perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi di tahun 2004-2008, yang lsted di BEJ dan BEI,..
    trims

  116. November 1, 2010 pukul 1:08 pm | #120

    saya ingin mencari contoh perusahaan yg tergolong merger, akuisisi, dan konsolidasi..
    bisakah anda menampilkannya ??

  117. tiofanni
    November 5, 2010 pukul 11:25 am | #121

    bisa tolong bantu saya cari daftar perusahaan perbankan yang melakukan merger tahun 2004-2008 di yang listed di BEJ…
    makasih

  118. November 10, 2011 pukul 1:46 pm | #122

    reny :
    saya membutuhkan nama-nama perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2000-2006, untuk keperluan skripsi saya. mohon bantuannya ya, pak. tolong balas ke email saya secepatnya. terima kasih sebelumnya

  119. November 10, 2011 pukul 1:52 pm | #123

    pak saya ingin bertanya untuk tugas saya… pak contoh perusahaan marger,konsolidasi,akuisisi dan apa tujuan nya? dan analisis nya..
    thanks

  120. octa
    Desember 8, 2011 pukul 5:23 am | #124

    mat pagi bapak,
    tlg kirirmkan saya contoh perusahaan yang melakukan merger ataupun akuisisi, beserta analisisnya, serta perusahaan yang menggunakan cara atau bentuk
    1. Merger atau Konsolidasi
    2. Akuisisi Saham
    3. Akuisisi Assets

  121. Desember 27, 2011 pukul 5:07 pm | #125

    saya mau tau contoh perusahaan apa saja yang melakukan merger, konsolidasi dan joint ventura????mohon balasannya karena saya ada tugas kuliah buat minggu depan.terima kasih….
    segera ya??????

  122. Agustus 30, 2012 pukul 1:39 am | #126

    pak saya lagi nyusun skripsi minta bantuan , bank” ap saja yg melakukan merger dari tahun 2006-2008

  123. lya
    September 20, 2012 pukul 4:24 pm | #127

    Pak Adit saya minta babtuan,besok pagi tagl 21 september sy sudah harus kumpul tugas yaitu contoh kasus nyata akuisisi perusahaan tiga tahun terakhir ini,bisa minta kirim ke:astuti_wally@yahoo.com
    terimakasih pak.

  124. Januari 16, 2013 pukul 8:03 am | #128

    pak saya minta data perusahaan yang m & a tahun 2002-2008

  125. Januari 19, 2013 pukul 1:15 am | #129

    Amanda Seyfried GalleryAmanda Michelle Seyfried was born in Allentown, Pennsylvania onDecember 3, 1985.
    Her heritage is German. After watching Romeo + Julietwith her father at the age of 10, she decided she wanted to become anactress.
    To get there, she began her career as a model when she was only 11.

  126. Juni 13, 2013 pukul 1:38 pm | #130

    Recently there tend to be 2 main factors precisely why
    outsourcing lead generation by method of telemarketing is a better choice whenever it comes to increasing earnings
    guides. any agents understand the strategy of generating IT leads.
    When you finally have created your profile, it is actually
    essential you keep it updated.

  127. Juli 11, 2013 pukul 1:17 pm | #131

    This piece of writing will assist the internet visitors for setting
    up new weblog or even a weblog from start to end.

  128. Agustus 4, 2013 pukul 2:44 pm | #132

    I’ve learn several good stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting. I wonder how a lot attempt you put to create this sort of great informative website.

  1. Maret 20, 2008 pukul 12:49 pm | #1
  2. Maret 20, 2008 pukul 10:21 pm | #2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: